Sejarah Singkat Komputer Dari Generasi Pertama Hingga Ke-5

Dari masa ke masa, perkembangan teknologi sangat pesat. Teknologi dapat membantu serta menunjang aktivitas manusia. Teknologi dibuat untuk meringankan dan membantu manusia dalam beberapa faktor. Salah satu penggunaan teknologi saat ini adalah komputer. Komputer pertama kali ditemukan oleh Charles Babbage.

Komputer merupakan alat elektronik yang sudah diperintahkan dan diprogram yang berfungsi untuk mengerjakan pekerjaan digital seperti desain grafis, pengetikan dokumen. Menurut Elias M. Awad, komputer adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk menghitung serta memproses data. Komputer saat ini lebih populer untuk digunakan sebagai sarana gaming.

Komputer mempunyai sejarah yang cukup panjang. Para ilmuwan sangat bekerja keras untuk terus mengembangkan teknologi komputer agar menjadi lebih baik. Berikut sejarah singkat komputer dari generasi ke generasi

Sejarah Komputer Generasi Pertama

komputer generasi pertama

Pada awalnya, komputer diciptakan untuk keperluan perang dunia ke-2 pada tahun 1940-an. Negara negara yang terlibat dalam perang tersebut berusaha untuk menciptakan komputer yang berguna untuk mengatur strategi serta memecahkan kode rahasia.

Pada tahun 1941, seorang insinyur dan ilmuwan Jerman yang bernama Konrad Zuse menciptakan komputer yang disebut sebagai Z3. Ia menciptakan komputer dengan tujuan untuk mendesain pesawat dan peluru kendali. Dua tahun kemudian, Inggris berhasil menciptakan komputer yang digunakan sebagai pemecah kode rahasia dan kemudian dipakai oleh Jerman.

Komputer terbesar pada zaman tersebut adalah Harvard Mark I. Seorang insinyur Universitas Harvard, Howard H. Aiken menciptakan sekaligus mengembangkan komputer yang berbasis kalkulator elektronik untuk US Navy. Komputer tersebut memiliki ukuran yang sangat besar. Panjangnya hampir setengah dari lapangan stadion bola.

Sejarah Komputer Generasi Kedua

komputer generasi ke dua

Transistor adalah penemuan paling penting di sejarah komputer generasi kedua, Pada tahun 1948, transistor diciptakan untuk mengatasi mesin mesin elektrik yang tadinya memiliki ukuran yang sangat besar menjadi lebih kecil. Transistor pertama kali diterapkan di komputer pada tahun 1956. Komputer pertama yang memanfaatkan transistor adalah superkomputer yang bernama Stretch.

Stretch dikembangkan di laboratorium untuk penelitian energi atom. Komputer ini dapat menangani data dalam jumlah yang sangat besar. Kemudian, di tahun 1960-an mulai banyak bermunculan komputer generasi kedua. Semua komputer pada masa itu menggunakan transistor supaya lebih cepat serta menghemat energi dibandingkan dengan komputer generasi pertama. Salah satu komputer yang cukup populer dan sukses pada generasi kedua adalah IBM-1401.

Sejarah Komputer Generasi Ketiga

komputer generasi ketiga

Komputer generasi ketiga merupakan perkembangan komputer yang paling pesat. Penerapan transistor pada komputer mulai ditinggalkan pada generasi ketiga. Karena transistor membuat komputer lebih panas. Seorang ilmuwan yang bernama Jack Billy, menciptakan sebuah chip yang cukup canggih dan lebih efisien dibandingkan dengan transistor. Chip tersebut adalah Integrated Circuit. Chip tersebut dapat menampung berbagai komponen menjadi satu.

Penggunaan komponen Integrated Circuit menjadi salah satu ciri perkembangan komputer pada generasi ketiga. Komputer pada generasi ketiga pun menjadi lebih cepat dan hemat energi dari pada generasi sebelumnya.

Sejarah Komputer Generasi Keempat

komputer generasi ke empat

Di generasi keempat, komputer tetap menggunakan chip IC. Namun chip tersebut terus dikembangkan. Suatu perusahaan, mengembangkan chip yang bernama Very Large Scale Integeration yang dapat menampung ribuan hingga puluhan ribu komponen. Kemudian, dikembangkan lagi komputer mikro yang menggunakan mikroprocessor dan semikonduktor yang berbentuk chip.

Perusahaan Intel memproduksi sebuah processor atau mikrokomputer 4 bit dengan nama 8008 pada tahun 1972. Chip tersebut mempunyai kecepatan 108 KHz (kilo hertz). Kemudian beberapa tahun kemudian Intel mengembangkan processor 8 bit yang bernama 8080. Intel 8080 adalah sebuah mikrokomputer yang lebih cepat dibandingkan sebelumnya.

Sejarah Komputer Generasi Kelima

komputer generasi ke lima

Generasi komputer kelima merupakan generasi yang berlangsung hingga saat ini. Perkembangan komputer sangat pesat hingga ukurannya menjadi sangat kecil dan tipis. Intel mengeluarkan Pentium 4 sebagai Processor terbarunya. Kemampunannya pun berkali kali lipat jika dibandingkan dengan processor keluaran sebelumnya. Pada generasi kelima, komputer juga menjadi lebih canggih dengan menerapkan GUI (Graphic User Interface).

Pada generasi keempat, harga komputer sangatlah mahal. Spesifikasinya yang rendah dan harga yang mahal membuat para ilmuwan terus mengembangkan komputer agar menjadi lebih baik. Namun di generasi kelima, merupakan perkembangan yang paling pesat diantara semua generasi. Harga sebuah komputer menjadi lebih murah dan mendapatkan spesifikasi yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan komputer generasi keempat. Kini processor sudah menerapkan hingga sistem 64 bit.

Itulah sejarah singkat mengenai perkembangan komputer dari generasi ke generasi. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply