Mengenal Perangkat Lunak (Software) Komputer Dan Jenisnya

Dalam penggunaan komputer dewasa ini, selain adanya perangkat komputer itu sendiri, bersamaan dengannya tentu ada perangkat lain yang berfungsi untuk menjalankan komputer itu agar berfungsi. Software atau perangkat lunak komputer adalah sekumpulan data dan instruksi yang digunakan atau memiliki tujuan untuk menjalankan perintah pada komputer. Dengan kata lain software atau perangkat lunak komputer adalah sebuah program yang ditulis untuk mengendalikan dan menjalankan komputer untuk menjalankan perintah – perintah tertentu.

Perangkat lunak komputer merupakan suatu hal yang harus ada dalam sebuah komputer, jika hardware adalah perangkat komputer yang kasat mata dapat dilihat, maka software adalah perangkat yang bisa dibilang ‘kasat mata’ atau tidak dapat dipegang secara fisik. Software dapat dijalankan oleh pengguna dan software ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu dan dijalankan sesuai dengan spesifikasi dan jenis komputer yang ada.

Jenis Perangkat Lunak Komputer

Software memiliki banyak jenis dan memiliki banyak fungsi, dari awal kemunculan kompter hingga sekarang sperangkat lunak memiliki banyak variasi dan kegunan, kami merangkum segala jenis perangkat lunak dalam penjelasan berikut. Kami petakan ke dalam dua kategori, yakni jenis perangkat lunak komputer berdasarkan fungsi serta jenis perangkat lunak komputer berdasar jenis distribusinya di pasaran.

Perangkat Lunak Komputer Berdasarkan Fungisnya

Perangkat lunak dalam kategori ini merupakan perangkat lunak berdasar fungsi kegunaan dalam komputer, adapun macamnya adalah sebagai berikut.

1. Sistem Operasi & BIOS

perangkat lunak sistem operasi

Sistem operasi adalah program utama dalam komputer yang paling penting karena perangkat lunak ini menghubungkan/menjembatani pengguna dengan komputer, serta menghubungkan antara hardware dengan perangkat lunak yang lainnya. Pada setiap komputer wajib ada sistem operasi di dalamnya karena jika tidak ada komputer tidak akan ‘hidup’ atau berjalan. Dalam perkembangan zaman dikenal beberapa jenis sistem operasi dari beberapa pengembang, yakni sebagai berkut.

# DOS

DOS (Disk Operating System) adalah software yang pertama kali dikembangkan ketika komputer pertama kali muncul di tahun 80 – 90 an. DOS adalah sistem operasi berbasi CUI (Character User Interface) dimana menggunakan command interface line untuk perngperasiannya. Pengguna yang memakai DOS harus mengetikkan perintah – perintah tertentu untuk mengoperasikan komputer. Contoh DOS yang pernah rilis adalah MS-DOS dan FreeDOS.

# UNIX

UNIX adalah perangkat lunak sistem operasi yang digunakan untuk mengoperasikan workstation dan server dengan program portable, multi tasking, dan multi-user. UNIX menjadi sistem operasi baku untuk sebuah komputer yang ada dan dengan perkembangan yang ada menjadi basis dari beberapa pengembangan sistem operasi lainnya.

# Windows

Sistem Operasi ini bisa dibilang paling terkenal penggunaannya dikalangan pengguna. Diciptakan setelah kemunculan MS-DOS, sistem operasi ini menggunakan program GUI (Graphical User Interface) dimana pengguna berinteraksi dengan komputer dengan antarmuka gambar.

Windows mengalami perkembangan dan memiliki teknologi yang hampir sama dengan UNIX (Multitasking, Multi User) dan memiliki banyak varian aplikasi yang kompatibel. Contoh dari windows yang pernah rilis hingga sekarang ialah Windows 3.11, Windows 95, Windows 2000, XP, Windows 7, 8, dan yang terbaru ialah Windows 10

# Linux

Linux adalah salah satu sistem operasi turunan dari UNIX yang dikembangakan oleh mahasiswa dari finlandia bernama Linus Torvalds pada tahun 90an. Linux awalnya merupakan kloningan dari MINIX (bagian dari UNIX) yang berkembang dan saat ini Linux sudah menggunakan tampilan GUI seperti pada Windows. Yang membedakan linux dengan yang lainnya ialah harganya yang gratis karena sifatnya open source (dapat dikembangan siapapun secara bebas tanpa melanggar hak cipta).

# Mac OS

Mac OS adalah sistem operasi yang khusus dibuat untuk komputer Apple dan turunannya (Macintosh, MacBook, iMac). Mac OS menggunakan GUI sebagai antarmuka dan tiak kompatibel dengan komputer selain dari apple (misal komputer windows).

Selain adanya sistem operasi, adapula sebuah perangkat lunak lain yang juga penting dalam komputer (jika belum ada sistem operasi sebelumnya), yakni BIOS. BIOS (Basic Input Output System) ialah sebuah firmware yang dipasang pada setiap komputer di dalam chip motherboard untuk membantu komputer dalam melakukan load dari sistem operasi dan memeriksa perangkat keras dari komputer saat booting pertama kali.

Jika tidak ada BIOS sistem operasi jenis apapun tidak akan dapat dipasang karena BIOS mengatur segala yang berkenaan dengan hardware komputer sebelum masuk kedalam sistem operasi. BIOS juga berfungsi memeriksa apakah RAM, Harddisk, waktu, format boot, load sistem operasi, dan lainnya yang berkenaan dengan komputer itu sendiri. Jenis BIOS berbeda – beda tergantung dari motherboard dari masing – masing komputer yang ada.

2. Jenis Perangkat Lunak Aplikasi 

perangkat lunak aplikasi

Perangkat lunak aplikasi adalah sebuah perangkat lunak yang difungsikan untuk memenuhi kebutuhan tertentu dari komputer. Keberadaan program aplikasi haruslah dipasang setelah sistem operasi ada dalam komputer. Jenisnya adalah sebagai berikut :

# Perangkat Lunak Pengolah Kata

Program komputer aplikasi ini difungsikan hanya untuk mengolah kata dan pengolahan berbagai macam dokumen, software ini membantu seseorang dalam pengetikan dan pengelolaan dokumen. Contohnya adalah sebagai berikut :

  • Microsoft Office Word, buatan windows dan paling umum digunakan di dunia
  • Libre Office, digunakan oleh kebanyakan komputer linux
  • WPS office, software word proccesing yang portable pada hampir semua jenis komputer

# Perangkat Lunak / Aplikasi Pengolah Angka

Program aplikasi pengolah angka ialah sebuah program yang difungsikan untuk mengolah angka dan dokumen yang berhubungan dengan perhitungan angka, misal rumus, statistik, dan lainnya. Contohnya adalah sebagai berikut :

  • Microsoft Excel
  • OpenOffice Calc
  • WPS Office Spreadsheet

# Software / Aplikasi Presentasi

Program ini ditujukan untuk membuat sebuah presentasi agar ditampilkan pada orang lain, presentasi yang ditampilkan bisa tulisan, gambar, video atau kombinasi dari hal tersebut. Contoh aplikasi presentasi adalah sebagai berikut :

  • Microsoft PowerPoint
  • WPS Presentation
  • Open Office Presentation

# Game

perangkat lunak game

Aplikasi game adalah aplikasi yang memiliki tujuan sebagai hiburan bagi penggunanya, jenis dan contoh aplikasi game tergantung dari genre itu sendiri, kami merangkumnya dalam daftar berikut :

  • DOTA2, jenis game MOBA (multiplayer online battle arena)
  • Counter Strike, jenis game FPS (First Person Shoot)
  • FIFA18, jenis game dari olahraga sepakbola

Game mengalami pekembangan pesat sehingga sekarang ada game online (menggunakan internet) maupun game biasa tanpa koneksi ke internet.

3. Perangkat Lunak Browser Internet

Perangkat lunak ini memiliki fungsi utama untuk menghubungkan komputer ke jaringan internet, ada banyak jenis dari perangkat lunak ini namun yang sering digunakan adalah web browser, sebuah aplikasi yang difungsikan untuk berselancar di dunia maya, contohnya seperti Internet Explorer, Opera, Mozilla Firefox, Google Chrome.

4. Perangkat Lunak Multimedia 

Perangkat lunak multimedia berfungsi untuk menjembatani pengguna dalam pengolahan / akses terhadap file multimedia seperti suara, gambar, video atau gabungan dari jenis file tadi. Bila dikategorikan perangkat multimedia dapat dibagi menjadi beberapa kategori berikut:

# Software / Perangkat Lunak Pengolah Gambar

Pada perangkat lunak multimedia ini khusus menangani pengelolaan gambar, baik itu mengakses, mengubah, menyimpan dan operasi lainnya. Contohnya adalah Photo Viewer, Picasa, Adobe Photosop, Corel, dan lainnya.

# Perangkat Pengolah Audio

Perangkat lunak ini memiliki fungsi untuk mengelola audio, baik itu hanya sekedar membuka, mengubah, atau melakukan operasi lainnya berkenaan dengan audio. Contoh dari aplikasi ini ialah windows media player (untuk memutar audio/Mp3), Mp3 Converter (untuk mengubah mp3), dan masih banyak lagi program yang ada, baik itu desktop mau[un online.

# Perangkat Lunak Pengolah Video

Perangkat lunak video memiliki fungsi dalam pengelolaan dan pengolahan video, biasanya digunakan pula untuk mengelola audio namun secara tidak langsung. Contohnya VLC player untuk memutar video, Adobe Premier untuk editing video, dan masih banyak lagi.

5. Jenis Perangkat Lunak Maintenance 

perangkat lunak maintenance

Perangkat lunak maintenance adalah perangkat lunak yang masih satu golongan dalam program aplikasi, sebagai tambahan untuk merawat dan menjaga komputer agar tetap aman dan menghindari kerusakan karena penggunaan, contohnya adalah sebagai berikut.

  • Ccleaner, merupakan salah satu perangkat lunak untuk membersihkan data sampah komputer yang tidak dapat dijangkau pengguna untuk dihapus.
  • Windows Defragmenter, berfungsi untuk melakukan defragmentation pada harddisk agar kinerja harddisk menjadi lebih optimal
  • Check Disk, merupakan program untuk melakukan pengecekan pada harddisk apakah terjadi error atau gangguan lainnya.

6. Perangkat Lunak Antivirus

Perangkat lunak antivirus

Untuk menjaga keamanan komputer dari ancaman malware atau virus dari luar, dipasang sebuah program untuk mencegah hal tersebut terjadi. Program seperti ini dikenal sebagai program antivirus, antimalware, atau anti adware, meskipun banyak jenisnya namun tujuannya sama untuk menjaga, mencegah, dan menangani komputer dari serangan malware atau virus dari luar komputer. Contoh program ini adalah Antivirus seperti Avast, Avira, Norton, Kaspersky, dan masih banyak lagi.

7. Perangkat Lunak Perusak (Virus)

Jika pada poin sebelumnya dibahas mengenai program penangkal virus, maka pada poin ini adalah program virus, virus komputer adalah sebuah program yang dibuat oleh seseorang dengan tujuan merusak komputer secara langsung maupun tidak langsung. Dalam istilah lain virus dikategorikan sebagai malware, adapun contoh virus atau malware adalah sebagai berikut.

  • Virus, merusak komputer dan menciptakan error pada komputer.
  • Worm, program yang menduplikasi diri sendiri sehingga memenuhi penyimpanan harddisk tanpa disadari.
  • Trojan, mengambil data dari komputer kemudian mengirim data tersebut ke pembuatnya
  • Ransomware, merupakan malware jenis baru yang dapat merusak komputer secara penuh sehingga komputer tidak bisa diakses.

Perangkat Lunak Berdasarkan Distribusinya 

Jika pada pembahasan sebelumnya telah dijelaskan mengenai jenis software berdasarkan fungsi, maka perangkat lunak juga dibagi – bagi berdasarkan jenis distribusi. Kita tahu bahwa software yang terdapat di pasaran terdapat beberapa cara untuk mengaksesnya, ada yang berbayar atau tidak, atau ada syarat tertentu agar sebuah perangkat lunak dapat diakses. Berikut adalah jenis software dikategorikan berdasarkan distribusi software-nya :

1. Freeware 

Perangkat lunak freeware adalah jenis perangkat lunak yang diperbolehkan digunakan secara gratis tanpa batasan waktu oleh pembuat software tersebut. Software freeware tersebar luas dan dapat didownload di website, baik website resmi maupun tidak. Contohnya adalah program browser seperti Mozilla, Mp3 Player, Google Drive, dan lain sebagainya.

2. Shareware 

Jika freeware adalah perangkat lunak yang gratis tanpa batasan waktu, perangkat lunak shareware adalah perangkat lunak yang gratis namun dengan batasan waktu tertentu (biasanya tertulis free trial), sehingga pengguna bisa menggunakannya dan menyebarkannnya namun dibatasi oleh waktu sehingga harus tetap membayar lisensi program tersebut ketika waktu percobaan telah selesai. Contoh program seperti ini ada pada program antivirus Kaspersky yang memberi waktu percobaan selama 30 hari, kemudian program tidak berjalan jika belum membeli lisensi dari pihak pengembang .

3. Open Source 

Berbeda dengan freeware yang hanya gratis saat digunakan saja, namun pada kenyataan software bersifat open source memiliki kebebasan dalam penggunaan hingga mengubah source code (kode program penysunnya), sehingga pengguna dapat mengubah, memodifikasi, mendistribusikan, dan melakukan tindakan lainnya tetap sah dan legal meski tanpa seizin pengembang. Contoh software jenis ini ialah sistem operasi Linux.

4. Perangkat Lunak Berbayar

Untuk jenis software berbayar, pengguna harus membeli perangkat lunak ini karena pihak pengembang memiliki tujuan komersil dalam menciptakan softwarenya. Biasanya software jenis ini tidak diperbolehkan untuk disebarluaskan tanpa seizin pihak pengembang. Contohnya perangkat lunak sistem operasi Windows, Adobe Photosop, CorelDraw adalah contoh software berbayar dan memiliki harga yang cukup tinggi.

Demikian uraian singkat mengenai jenis perangkat lunak yang ada hingga sekarang ini, segala sesuatu memiliki fungsi dan manfaat masing – masing, namun segala perangkat lunak pasti memiliki tujuan yang baik jika digunakan untuk hal baik pula. Mudah – mudahan informasu ini dapat bermanfaat untuk anda yang sedang belajar komputer lebih dalam.

Leave a Reply