Belajar Mengenal Perangkat Keras Komputer Dan Fungsinya

Jika kita Belajar Komputer, hal pertama yang dilihat adalah perangkatnya. Tentu ini adalah hal yang paling penting karena jika tidak ada perangkat komputer, tentu tidak ada komputer. Dalam komputer dikenal adanya perangkat keras dan perangkat lunak, dua hal ini saling berkaitan dan terhubung agar komputer dapat beroperasi. Pada artikel kali ini akan membahas mengenai perangkat keras komputer secara detail.

Banyak pengertian mengenai perangkat keras atau hardware komputer, namun pendapat yang paling umum dipakai ialah beberapa komponen yang menjadikan sebuah komputer ada / menjadi komponen dari sistem komputer. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya proses-proses yang ada komputer dengan baik.

Komponen komputer ini termasuk dalam kategori elemen perangkat keras (hardware). Jadi hardware adalah perangkat keras komputer yang terlihat secara kasat mata berfungsi penting dalam pengoperasian/berjalannya kerja komputer.

Jenis Perangkat Keras Komputer

Perangkat keras komputer yang ada tentu berbeda beda berdasar jenis, bentuk, dan fungsinya. Masing – masing perangkat keras memiliki tugas masing – masing demi tujuan yang telah ditentukan, namun kesemuanya saling terhubung dalam berjalannya sistem komputer. Adapun jenis perangkat keras komputer berdasar fungsi perangkat keras adalah sebagai berikut.

  1. Perangkat / Unit Masukkan (Input)
  2. Perangkat / Unit Proses (Proccess)
  3. Perangkat / Unit Keluaran (Output)
  4. Perangkat / Unit Penyimpanan (Backing Storage)
  5. Perangkat tambahan (Peripheral)

Sebenarnya untuk komputer sederhana bisa berjalan hanya perlu komponen dasar seperti komponen input (Keyboard Mouse), proccess (Prosesor, Control) , output (Monitor), storage internal (RAM dan ROM). Namun pada perkembangannya terdapat perangkat yang digunakan untuk menambah performa agar komputer berejalan lebih baik seperti Storage external seperti harddisk, Floppy drive, CD-ROM, serta adanya komponen tambahan seperti modem dan kabel LAN. Adapun penjelasan dari masing – masing perangkat ada pada poin berikut.

1. Perangkat Masukan (Input)

Perangkat ini adalah perangkat yang berfungsi untuk memasukkan data ke dalam komputer yang mana data diinputkan oleh manusia sebagai pengguna. Pada awal kemunculan komputer, perangkat yang ada untuk input hanyalah keyboard dan mouse saja. Seiring perkembangan zaman prangkat input baru ditemukam dan bervariasi hingga kini, berikut adalah daftar dari perangkat input komputer yang ada:

√ Keyboard

perangakt keras komputer

Merupakan perangkat input yang pertama kali muncul dan paling penting dalam sebuah komputer. Keyboard adalah sebuah papan ketik (mirip mesin ketik) terdiri dari angka, huruf, simbol dan karakter yang berfungsi untuk memasukkan teks/gabungan teks kedalam sebuah komputer untuk diterjemahkan menjadi data di komputer, baik data yang disimpan maupun perintah tertentu yang diperlukan (misalnya Ctrl dan S untuk menyimpan file).

Penemuan keyboard terjadi pada tahun 1973. Standar keyboard sekarang ini adalah keyboard dengan jenis QWERTY dengan 104 tombol, gabungan dari huruf, angka, simbol, dan tombol fungsi lainnya. Jenis keyboard di dunia ada banyak namun dikategorikan dalam beberapa kategori berikut :

  • Keyboard berdasar jenis port : USB, PS/2, Wireless
  • Keyboard berdasar jenis susunan huruf : QWERTY, DVORAK, KLOCKENBERG
    Khusus untuk keyboard QWERTY terdapat pembagian tombol sebagai berikut :
    – Typewriter Key (Huruf, Simbol)
    – Numeric (Angka)
    – Function (F1 hingga F12)
    – Special Function Key (Fungsi lainnya seperti Fn, Alt)

√ Mouse

Mouse adalah salah satu perangkat input untuk memasukkan perintah klik, pemindahan kursor dan fungsi lainnya seperti scroll. Mouse ada sejak sistem operasi berbasi grafik (GUI) diciptakan. Cara kerja mouse ialah dengan mengirim sinyal listrik dari tombol yang ada ke komputer menjadi perintah yang ada, baik pergeseran, klik (kanan maupun kiri), klik ganda (double click), scroll, drag & drop, dan kombinasi dari perintah lain. Jenis mouse beragam tergantung port yang digunakan, seperti PS/2, USB, atau Wireless.

√ Touchpad

Dengan munculnya laptop di awal 90an, keberadaan touchpad mulai marak. Perangkat input ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari namun cara keja sama seperti mouse.

√ Joystick

Adalah perangkat yang perfungsi untuk melakukan input pada game, fungsinya sama seperti mouse namun hanya berlaku pada program tertentu (lebih fokus kepada game)

√ Scanner

Perangkat ini berfungsi untuk memasukkan data berupa gambar (image) kedalam komputer, gambar yang ada bisa dari teks, gambar, atau bentuk lain. Cara kerja scanner mirip dengan mesin fotokopi, hanya saja data yang disimpan berupa soft file ke dalam memori komputer.

√ Kamera/webcam

Kamera atau webcam (kamera disini versi digital) berfungsi untuk melakukan input berupa gambar atau video, data gambar diambil dari proses fotografi untuk kemudian disimpan ke dalam memori komputer ke dalam bentuk file gambar (image) untuk diolah kedepannya oleh pengguna.

√ Mikrofon

Jika kamera dan scanner adalah alat input untuk gambar, maka mikrofon adalah alat untuk menginput data berupa suara dari luar komputer untuk diproses ke dalam komputer. Cara kerjanya suara dari luar akan ditransmisi dari mikrofon dan diproses oleh soundcard, untuk diterjemahkan kembali oleh komputer dan didapat data suara yang barusan masuk tadi untuk didengar pengguna.

2. Perangkat Keras Proses

Perangkat ini memiliki fungsi untuk memproses data yang berasal dari perangkat input/ masukan ke komputer untuk diproses dan nantinya akan dikeluarkan oleh perangkat output (keluaran), adapun jenis perangkat proses adalah sebagai berikut.

√ Processor

perangakt keras komputer

Prosesor adalah bagian terpenting dari komputer karena merupakan otak dari komputer. Prosesor adalah sebuah chip yang berfungsi memproses perintah dari perangkat masukan untuk diproses menjadi informasi oleh perangkat keluaran.

Prosesor adalah komponen yang mengeksekusi perhitungan kompleks yang memungkinkan komputer untuk melakukan apa saja yang dilakukan pengguna melalui input device (misal memutar lagu, menulis perintah, dll). Contoh prosesor yang sering dipasaran adalah chipset buatan Intel maupun AMD dengan tipe dan spesifikasi masing – masing.

√ Motherboard

perangkat keras komputer dan fungsinya

Motherboard adalah sebuah papan sirkuit untuk tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung, baik prosesor, memori, port dan perangkat laiinnya dihubungkan. Contoh motherboard yang ada saat ini berasal dari desain IBM PC untuk desktop computer / workstation.

√ Power Supply

perangkat keras komputer

Adalah sebuah perangkat untuk menyediakan kebutuhan listrik pada komputer, listrik dari luar akan dihubungkan ke komputer melalui perangkat ini untuk menjaga kinerja komputer menjadi baik. Banyak jenis power supply, namun sudah menyesuaikan dengan daya rumah saat ini, yakni sekitar 300-400 watt dengan voltase 220V.

√ VGA Card

perangkat keras komputer dan fungsinya

Adalah sebuah papan elektronik kecil untuk menampikan gambar/grafik dari sebuah komputer ke monitor, VGA Card bisa juga untuk menampilkan video, gaming, dan kepentingan lainnya. Banyak seri kartu grafis yang dimunculkan namun yang sering digunakan ialah kartu grafis merk ATI, Nvidia, Intel.

√ Sound Card

perangkat keras komputer dan fungsinya

Sebuah papan sirkuit yang memproses data untuk dijadikan keluaran suara oleh komputer. Dulu perangkat ini masuk perangkat tambahan, namun seiring perkembangan menjadi perangkat wajib yang ada dalam komputer.

3. Perangkat Keluaran (Output)

Perangkat ini difungsikan untuk mengeluarkan segala informasi dengan jenis masing – masing ke pengguna agar bisa ditangkap oleh pengguna, informasi yang dikeluarkan berasal dari data dari perangkat masukan yang diproses. Adapun perangkat keluaran kami rangkum dalam daftar berikut :

√ Monitor

perangkat keras komputer

Monitor adalah sebuah layar yang digunakan untuk menampilkan gambar/grafik kepada pengguna. Gambar disini merupakan sinyal listrik yang berasal dari komputer, baik itu dari hasil pemrosesan data maupun masukan. Jenis monitor cukup banyak, namun yang umum sekarang ini adalah jenis LCD dan LED, selain itu juga terdapat monitor CRT(tabung). Monitor memiliki resolusi dan ukuran masing – masing sesuai kebutuhan pengguna.

√ Speaker

Jika monitor menghasilkan gambar dari data yang diproses, maka speaker merupakan alat keluaran yang digunakan untuk mengeluarkan informasi suara kepada pengguna. Speaker mengkonversi sinyal elektrik ke dalam frekuensi audio melalui getaran pada komponen utamanya.

√ Printer

Printer merupakan perangkat keras yang berfungsi mengeluarkan informasi kepada pengguna berupa cetakan dari hasil pengolahan data. Berbeda dengan speaker dan monitor, perangkat ini disebut hard-copy karena hasil keluaran berupa cetakan. Jenis printer yang ada antara lain inkjet, laser, atau dotmatrix.

4. Perangkat Penyimpanan

Perangkat penyimpanan merupakan salah satu komponen penting dalam komputer karena berfungsi untuk menyimpan data diluar proses utama dari komputer sendiri. Pada komputer dikenal beberapa macam perangkat penyimpanan, antara lain :

√ RAM

perangkat penyimpanan komputer

RAM (Random Access Memory) Adalah memori komputer yang menyimpan data sementara, merupakan salah satu penyimpanan internal/primer dalam komputer. Data yang disimpan dalam RAM akan hilang apabila listrik padam dan data yang disimpan bukan data pengguna, melainkan data proses dari komputer. Ada banyak jenis RAM tergantung tipe dan ukuran.

√ ROM

Read Only Memory (ROM) adalah suatu chip yang berisi bagian dari sistem operasi yang mana dibutuhkan pada saat komputer dinyalakan. ROM juga dikenal sebagai suatu firmware. Data pada ROM bersifat permanen dan tidak bisa diubah pengguna.

√ Hard Disk Drive (HDD)

perangkat keras komputer

Adalah salah satu perangkat penyimpanan sekunder dalam komputer berbentuk piringan magnetis. Data dalam harddisk tidak akan hilang apabila listrik padam dan memiliki daya tampung besar dibanding RAM.

√ Floppy Disk

Perangkat penyimpanan ini dikenal dengan nama disket, sebelum harddisk dimana menggunakan pita magnetik untuk menyimpan datanya. Ukuran data dalam floppy disk terbatas hanya sampai 2 MB saja.

√ CD/DVD Drive

Perangkat keras ini merupakan salah satu perangkat keras berupa piringan optik yang menyimpan / memproses data melalui piringan tersebut. Ada banyak jenis CD/DVD diantaranya CD-R, CD- ROM, DVD R, Blu Ray, DVD-RW, CD-RW.

√ Flash Disk / USB Drive

Flashdisk adalah bentuk penyimpanan terbaru menggunakan teknologi chip dan USB (Universal Serial Bus). Flashdisk berbentuk kecil dan memiliki jumlah memori yang bervariasi.

5. Perangkat Tambahan

Selain perangkat di atas, terdapat perangkat tambahan lain yang terdapat pada komputer, antara lain :

√ Modem

Modem adalah salah satu perangkat jaringan yang berfungsi untuk mengubah sinyal transmisi dari luar agar pengguna dapat mengakses internet. Jenis modem banyak mulai dari modem telepon, 3G, 4G, dan lainnya.

√ Kabel LAN & LAN Card

LAN Card adalah kartu chip berfungsi menghubungkan komputer ke jaringan lokal atau LAN (Local Area Network), sedangkan kabel LAN adalah perangkat yang menghubungkan komputer melalui port LAN.

√ Wifi Adapter

Wifi (Wireless Fidelity) adapter, adalah sebuah perangkat yang menghubungkan komputer ke jaringan internet tanpa menggunakan kabel (Wireless LAN), hanya menggunakan sinyal gelombang radio frekuensi tinggi.

√ Casing

perangkat keras komputer

Cashing adalah sebuah perangkat tambahan komputer untuk melindungi komponen utama komputer dari debu dan bahaya lain dari luar, selain itu juga melindungi pengguna dari komponen komputer itu sendiri (misalnya tegangan tinggi). Cashing memiliki banyak bentuk dan model sendiri – sendiri disesuaikan dengan keinginan pengguna.

Demikian beberapa penjelasan mengenai perangkat keras komputer. Memang banyak komponen yang ada dalam sebuah komputer namun semua komponeon itu penting agar komputer dapat berjalan dengan baik dan bermanfaat bagi penggunanya.

Leave a Reply