Belajar Cara Mematikan Komputer Dengan Benar

Komputer adalah salah satu alat yang sering dgunakan oleh orang – orang saat ini. Tentu dalam menggunakan komputer hendaknya seperlunya saja karena jika tidak maka akan merusak komputer kedepannya. Agar mencegah komputer rusak karena terlalu lama dipakai perlu mematikan komputer atau diistirahatkan, ibarat mesin jika dipakai terus menerus akan panas dan bisa saja bermasalah jika tidak diistirahatkan.

Dalam artikel tutorial komputer dasar kali ini akan dibahas mengenai bagaimana cara mematikan komputer dengan benar sehingga komputer tetap berjalan dengan baik, cara yang ada baik cara sudah umum dilakukan maupun cara lain yang bisa dilakukan agar komputer anda mati dengan cara benar.

Prosedur Mematikan Komputer Dengan Benar

Dalam melakukan sesuatu tentulah ada prosedur atau tatacara yang digunakan untuk melakukan sesuatu hal. Begitu pula dengan mematikan komputer, mematikan komputer sangat penting karena jika salah saja bisa mengakibatkan kerusakan pada komputer.

Walaupun komputer memiliki banyak spesifikasi dan jenis, dalam hal mematikan komputer hampir semua tatacara yang digunakan adalah sama. Berikut adalah prosedur mematikan komputer dari sebelum komputer mati hingga selesai.

1. Sebelum mematikan komputer

Langkah ini dilakukan agar saat komputer mati tidak meninggalkan proses atau data – data yang masih penting dalam komputer. Adapun prosedur mematikan komputer yang dilakukan adalah sebagai berikut (Contoh pada sistem operasi windows) :

  • Pastikan semua file tidak dalam kondisi diproses, misal sedang mebuka file video diputar atau membuka file di file eksplorer, karena akan menghambat proses shutting down dari komputer.
  • Aplikasi yang masih dibuka dalam komputer hendaklah ditutup, jika masih ada yang terbuka biasanya proses shutting down akan lama dan ada pemberitahuan dari sistem operasi.
  • Klik refresh pada file agar mengembalikan icon ke posisi semula, caranya cukup klik kanan pada desktop -> refresh (opsional)

2. Saat mematikan komputer

Apabila pada kondisi sebelumnya sudah tidak ada masalah maka tinggal lakukan prosedur untuk mematikan komputer seperti berikut (contoh pada sistem operasi windows) :

  • Klik start pada taskbar windows (terletak di pojok kiri bawah layar)
  • Klik tombol shutdown / gambar power pada windows
  • Tunggu 1-2 menit hingga komputer mati, jika tidak ada gangguan maka sistem operasi akan mematikan komputer, diikuti layar, hardisk berhenti berputar dan indikator power mati.
  • Proses mematikan komputer selesai.

3. Tindakan setelah komputer mati

Setelah komputer benar – benar padam anda dapat melakukan beberapa tindakan agar komputer tetap aman walau tidak digunakan, misalnya mencabut kabel adapter komputer dari stopkontak, mematikan stabilizer dan memastikan ruangan komputer anda bebas dari hal – hal yang membahayakan komputer.

Cara di atas tentu bisa berbeda pada jenis komputer yang lain, namun hal diatas adalah yang paling dasar dari langkah – langkah mematikan komputer. Adapun cara dan langkah – langkah mematikan komputer yang lebih detail ada pada pembahasan di bawah ini.

Beberapa Cara Mematikan Komputer

Selain menggunakan cara pada pembahasan sebelumnya, pada sistem operasi Windows terdapat beberapa cara mematikan komputer, caranya pun cukup mudah dan aman, adapun cara mematikan komputer tersebut ada pada poin berikut :

1. Cara Mematikan Komputer Menggunakan Keyboard

Pada sistem operasi windows menyediakan fasilitas shortcut key untuk prosedur mematikan komputer. Ada beberapa kombinasi tombol keyboard untuk mematikan komputer, antara lain :

  • Tekan Ctrl + Alt + Del, kemudian muncul tampilan untuk mematikan / logout komputer, klik turn off / tombol power (pada windows 8 & 10).
  • Tekan Alt + F4, maka akan muncul jendela pilihan mematikan windows, pilih shut down.

2. Cara Mematikan Komputer Dengan (CMD) Command Prompt

Windows memiliki fasilitas untuk mematikan komputer menggunakan command prompt, sebuah program command line bawaan windows, adapun tatacara mematikan komputer melalui cmd adalah sebagai berikut :

  • Pada windows, buka start menu kemudian cari program / pilih program command prompt (Jika tidak bisa mencari klik start -> all programs -> accessories -> command prompt).
  • Pada tampilan command prompt ketikkan perintah sebagai beriku “shutdown –s” (tanpa petik). Perintah di atas adalah perintah untuk mematikan komputer secara langsung.
  • Tunggu beberapa saat maka komputer akan mati/shutting down seperti biasa.

3. Cara Mematikan Komputer Otomatis

Pada dasarnya mematikan komputer secara otomatis di windows memerlukan perangkat lunak / program yang dapat mematikan komputer menggunakan timer, sehingga komputer akan mati dengan sendirinya, jika tanpa program tambahan dari pihak luar, pengguna dapat mematikan komputer otomatis dengan cara berikut ini :

  • Buat sebuah shortcut (jalan pintas) dengan cara klik kanan -> new -> shortcut
  • Masukkan kode seperti pada command prompt namun dengan perubahan sebagai berikut “shutdown –t –s 600”, angka 600 menunjukkan berapa lama waktu komputer akan mati (dalam hitungan detik)
  • Klik next pada jendela, kemudian komputer akan menampilkan pesan bahwa komputer akan mati sesuai dengan waktu yang akan dimasukkan dengan sendirinya

Namun apabila pengguna ingin menggunakan perangkat lunak pihak ke tiga dari luar untuk mematikan komputer secara otomatis bisa menggunakan salah satu aplikasi bernama switch off, disitu terdapat beberapa pengaturan mengenai kapan komputer akan mati, hampir sama sebenarnya dengan program/cara sebelumnya.

4. Mematikan Komputer di Windows 10

Pada dasarnya semua cara mematikan komputer di windows itu hampir sama dengan proses yang hampir sama pula, namun kami akan menjelaskan cara mematikan komputer pada sistem operasi windows 10 sebagai berikut :

  • Klik start di pojok kiri bawah taskbar
  • Pada bagian ujung kiri bawah start menu terdapat tombol power, klik tombol tersebut
  • Pilih shutdown, maka komputer akan mati dengan sendirinya

5. Mematikan Komputer di Windows 8

Windows 8 memiliki tampilan yang sedikit berbeda dengan windows yang lainnya, maka dari itu cara mematikan komputernya pun agak berbeda dengan versi sistem operasi windows lainnya, adapun cara mematikan komputer di windows 8 adalah sebagai berikut :

  • Geser kursor anda ke pojok kanan atas atau pojok kanan bawah hingga muncul charm bar
  • Pilih tombol setting pada bar, kemudian klik tombol power
  • Pilih shutdown untuk mematikan komputer, maka komputer akan mati dengan sendirinya

6. Mematikan Komputer di Windows 7

Windows 7 memiliki cara yang lebih sederhana dibandingkan dua windows edisi terbaru, caranya adalah sebagai berikut :

  • Klik tombol start di taskbar bawah
  • Pada start menu, klik tombol shutdown secara langsung
  • Apabila tidak ada program yang terbuka maka komputer akan langsung otomatis mati, jika memang ada program yang terbuka terdapat pemberitahuan untuk menutup program (close program)

7. Mematikan Komputer dalam kondisi darurat

Pada poin – poin sebelumnya telah dibahas mengenai cara mematikan komputer dengan berbagai cara melalui perangkat lunak windows, cara diatas merupakan cara ketika komputer dalam keadaan normal dan tidak sedang ada masalah, namun jika komputer sedang dalam masalah misal hang atau terjadi error fatal pada komputer, anda dapat melakukan tindakan berikut.

  • Tekan tombol power cukup lama
  • Tunggu sampai komputer mati, kemudian lepaskan tangan anda dari tombol
  • Tunggu beberapa saat dan nyalakan komputer anda lagi (bila ingin menyalakan)

Tentu cara ini sangat tidak disarankan karena hanya untuk kondisi darurat saja, karena sebenarnya cara ini adalah cara yang paling merusak perangkat keras komputer, khususnya hardisk anda, karena masih mengalami proses kemudian berhenti tiba- tiba.

Penting : Tips Sukses Belajar Komputer Otodidak

Demikian beberapa cara untuk mematikan komputer, caranya memang cukup praktis untuk anda praktekan dan jika mempraktekan dengan benar komputer anda akan mati dengan aman dan tanpa gangguna, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

Leave a Reply