Tutorial Belajar Komputer Dasar Untuk Pemula

Perkembangan teknologi informasi sudah cukup pesat, dimana informasi dan teknologi saling beriringan, informasi disampaikan menjadi semakin cepat dan teknologi informasi tersebut juga semakin maju, smartphone, tablet laptop, dan laptop merupakan perangkat yang sangat mendukung adanya hal ini. Namun jika diperhatikan bahwa semua benda itu memiliki akar yang sama, yakni sama – sama berasal dari komputer yang terlebih dahulu muncul.

Komputer sudah dikenal di kalangan masyarakat luas saat ini, namun sedikit yang tahu arti sebenarnya dari komputer ini, kompter adalah sebuah mesin hitung, namun bukan seperti kalkulator, komputer adalah mesin hitung elektronik dengan kecepatan tinggi dan dapat menerima informasi digital, mengolah dan pada akhirnya mengolah data itu menjadi informasi yang bermanfaat.

Tentunya dengan adanya komputer sangat membantu kehidupan sehari – hari, namun sebagai seseorang yang baru pertama kali mengetahui komputer tentu perlu mempelajari apa – apa saja yang harus dilakukan dalam menggunakan komputer, selain itu pula ada bagian dari komputer yang harus diketahui, karena komputer bukanlah sebuah alat yang sederhana, meski begitu mempelajarinya tidak susah karena di jaman sekarang ini semua informasi sudah mudah didapat, salah satunya melalui tulisan kami berikut ini, dimana kami akan memberikan pada anda mengenai belajar komputer dari dasar.

Panduan Belajar Komputer Dasar

tutorial komputer dasar

Tentunya jika belajar sesuatu hal harus ada panduan dari orang atau sumber dari buku yang terpercaya. Banyak sekali referensi yang bisa didapat untuk mengetahui cara atau panduan menggunakan komputer, namun hal yang paling dasar dari komputer adalah bagaimana mengoperasikannya dari mulai komputer tersebut mati hingga nanti mematikan komputer kembali.

Hal yang paling dasar dari komputer ialah bagian utama komputer terdiri atas hardware (perangkat keras), software (perangkat lunak), brainware (manusia). Ketiga komponen ini berfungsi masing – masing dalam prosedur input (masukan), proccess (pemrosesan), dan output (pengeluaran). Ketiga hal tersebut harus ada dan berkesinambungan agar komputer dapat berjalan dan digunakan.

Panduan dalam penggunaan komputer dapat ditemui di beberapa tempat, misalnya melalui website, artikel, buku, manual pada saat anda membeli komputer baru. Melalui tulisan ini akan kami bahas mengenai beberapa panduan dasar komputer, serta memberikan informasi kepada anda mengenai ilmu komputer dasar yang cukup penting.

Mengenal Bagian – Bagian Komputer

Sebelum menggunakan komputer ada baiknya untuk mengenal mengenai perangkat keras dan perangkat lunak terlebih dahulu. Pertama mengenai apa itu perangkat keras yang menjadi bagian utama dari sebuah komputer. Perangkat keras adalah perangkat komputer sendiri, yang kita lihat pertama kali saat memiliki komputer/menemui komputer.

Perangkat Keras Komputer (Harware)

Perangkat keras atau hardware merupakan komponen – komponen yang saling bekerjasama dalam satu komputer agar komputer berjalan dengan semestinya. Ada banyak jenis dan bentuk dari perangkat keras itu sendiri, namun kami rangkum dan kelompokkan dalam beberapa perangkat berikut (dibagi berdasar fungsi) :

√ Perangkat masukan (Input)

Merupakan perangkat yang berfungsi memberi masukkan data ke komputer, contoh keyboard, mouse, scanner.

√ Perangkat proses (Process)

Adalah perangkat yang berfungsi untuk memproses data dari luar untuk diproses komputer. Contoh dari perangkat ini adalah power supply, processor.

√ Perangkat keluaran (Output)

Perangkat output merupakan perangkat yang memiliki fugnsi untuk mengeluarkan informasi dari hasil pemrosesan data. Contohnya monitor, speaker, printer (hardcopy).

√ Perangkat penyimpanan (Storage)

Perangkat penyimpanan berfungsi untuk menyimpan data di komputer oleh pengguna. Contoh harddisk, flashdisk, optical disc (CD/DVD).

√ Perangkat tambahan (Peripheral)

Perangkat ini merupakan perangkat tambahan yang dapat digunakan sewaktu – waktu apabila dibutuhkan. Contoh modem , kabel LAN, UPS. (untuk lebih jelas mengenai perangkat keras akan kami bahas pada artikel lainnya).

Baca Lengkap : Perangkat Keras Komputer Dan Fungsinya

Mengenal Perangkat Lunak Komputer (Software)

Selain perangkat keras, terdapat perangkat lunak yang memiliki peran vital lain dalam sistem komputer. Teknologi yang canggih dan perangkat keras akan berfungsi bila instruksi-insturksi tertentu talah diberikan kepadanya. Instruksi-instruksi tersebut disebut perangkat lunak (software). Software diciptakan agar komputer dan manusia dapat berinteraksi langsung, ada banyak jenis perangkat lunak komputer , berdasar fungsinya dikelompokkan dalam kategori berikut :

√ Perangkat Lunak Sistem Operasi

Adalah salah satu perangkat lunak terpenting, dimana fungsinya untuk menghubungkan hardware dan software agar bisa berinteraksi dengan pengguna. Sistem operasi harus ada dalam sebuah komputer, contohnya seperti Windows, Linux, MacOS, dan lainnya.

√ Perangkat Lunak Driver

Perangkat lunak driver adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mengendalikan komponen – komponen komputer agar berjalan sesuai degan fungsinya. Contoh driver graphic card, sound card driver.

√ Perangkat Lunak Aplikasi

Program komputer atau aplikasi berfungsi untuk mengendalikan suatu kebutuhan tertentu/tugas tertentu dalam komputer. Contoh Microsoft Office Word untuk mengelola dokumen dan mengolah kata. Serta ada aplikasi lain seperti PDF Rea der untuk membaca file berbentuk PDF.

√ Perangkat Lunak Multimedia

Perangkat lunak multimedia memiliki fungsi khusus pada bagian pengolahan gambar, suara, atau video. Contohnya Windows Media Player (audio), Adobe Photosop (Gambar), MovieMaker (video).

√ Perangkat Lunak Internet

Perangkat lunak ini memiliki fungsi untuk beraktifitas dengan internet. Contoh perangkat lunak ini seperti browser google chrome, yang berfungsi untuk berselancar didunia maya.

√ Perangkat Lunak Game

Perangkat lunak yang berfungsi sebagai hiburan atau permainan bagi pengguna, ada banyak jenisnya tergantung genre dari game tersebut. Contoh Counter Strike, PUBG, DOTA2.

√ Perangkat Lunak Maintenance & Security

Perangkat lunak ini berfungsi untuk menjaga keamanan dan merawat komputer dari gangguan serta hal – hal yang membahayakan komputer. Contoh program antivirus, cleaner, dan defragmentation. (untuk pembahasan lebih lanjut mengenai software akan dibahas pada artikel lainnya)

Baca lengkap : Macam Perangkat Lunak Komputer Dan Fungsinya

Tutorial Komputer Dasar

Setelah mengetahui komputer beserta perangkat lunak dan kerasnya, maka berikut adalah sedikit panduan bagi anda yang menggunakan komputer pertama kali, tatacaranya kami rangkum sebagai berikut.

√ Menghidupkan Komputer

Hal yang pertama kali saat mengoperasikan komputer ialah menghidupkan komputer, agar komputer dapat digunakan oleh pengguna. Berikut adalah tatacara menghidupkan komputer yang benar.

  • Sambungkan kabel power ke stopkontak, pastikan indikator power menyala pada komputer.
  • Hidupkan komputer dengan menekan tombol power, biasanya bentuk variasi namun terdapat logo power, tekan sekali atau agak lama (3 detik).
  • Tunggu proses booting komputer, proses ini berjalan dengan sendirinya tergantung jenis komputer dan sistem operasi yang digunakan.
  • Apabila telah masuk ke sistem operasi, masuk ke halaman login dan masukan data login sesuai dengan kriteria.

√ Mematikan Komputer

Jika menggunakan komputer dirasa sudah cukup, mematikan komputer perlu agar menghemat daya listrik, mengisitirahatkan komputer, dan mengurangi hal – hal yang tidak perlu di komputer, tatacaranya yang benar adalah sebagai berikut :

  • Pastikan semua program telah ditutup (close)
  • Klik tombol shutdown pada sistem operasi windows, atau power di sistem operasi lain (bukan tombol power komputer).
  • Tunggu proses shutdown hingga selesai, lama tidaknya tergantung keadaan komputer anda.
  • Komputer berhasil mati, cabut stopkontak, matikan layar bila perlu
  • Perlu diperhatikan bahwa jangan mematikan komputer paksa dengan cara menekan tombol power terlalu lama, karena akan merusak hardware komputer, terutama hardisk dan prosesor yang masih beroperasi. Hal seperti ini hanya boleh dilakukan saat darurat saja.

Baca lengkap : Hal – hal penting yang harus diketahui dalam mematikan komputer

Mengenal Dan Menggunakan Windows Eksplorer

Apabila komputer telah menyala dan anda menggunakan sistem operasi windows, pastikan anada menggunakannya sesuai kebutuhan. Jika ingin mengolah file dan folder bisa buka Windows Eksplorer bawaan windows.

  • Buka windows eksplorer, biasanya terdapat pada taskbar windows atau ketik tombol windows +
  • Setelah jendela windows eksplorer muncul terdapat menu dan pilihan tentang file/folder yang ada.
  • Klik folder atau file yang akan diproses, jika file di klik akan membuka file sesuai jenis filenya. Jika itu folder atau drive maka akan membuka semua isi dari folder tersebut.
  • Jika ingin mengkopi file cukup klik file yang akan dikopi, klik control + C atau klik tombol copy di menu, kemudian paste ke folder tujuan.
  • Jika ingin memindahkan file cukup pilih file yang ingin dipindah, klik control + X atau klik tombol gunting di menu, pastekan pada folder tujuan.
  • Jika ingin menghapus file, cukup pilih file yang akan dihapus kemudian klik delete/tekan tombol delete, file berhasil dihapus.
  • Jika telah selesai menggunakan bisa tutup jendela windows explorer dengan klik tombol (X) di jendela kanan atas menu.

Ada banyak sekali materi dasar penggunaan komputer jika anda ingin memulai belajar komputer dari dasar. Apabila anda memulai dengan belajar komputer otodidak, ada baiknya anda baca kiat – kiatnya yang sudah kami tulis di awal postingan.

Baca : Cara belajar komputer otodidak paling efektif

Leave a Reply